Kamis, 14 Februari 2013

Google Bayar Apple US$ 1 Milyar untuk Menjadi Search Engine Utama di Perangkat iOS


Setiap pengguna Internet maupun gadget pasti tahu nama besar Google sebagai tempat mencari informasi yang diinginkan dengan mudah dan praktis di dunia maya. Walaupun sudah menjadi search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet dan gadget, ternyata pihak Google masih menginginkan agar perangkat-perangkat gadget memberikan keistimewaan pada Google untuk menjadi
search engine utama. Salah satu perusahaan yang diincar oleh Google ini adalah Apple.

Google berencana ingin terus membuat search engine Google ini tetap digunakan sebagai search engine utama pada semua perangkat gadget iOS milik Apple. Tentunya untuk mendapatkan hak istimewa ini, Google harus membayarnya dengan harga yang tidak murah, dimana Google harus membayar Apple sebesar US$ 1 Milyar setiap tahunnya agar dapat menjadi search engine utama disetiap gadget iOS yang dikeluarkan oleh Apple.

Harga untuk mendapatkan hak istimewa ini terkesan sangat tinggi dan tentunya akan terus naik dari tahun ke tahun ataupun terjadi perubahan mekanisme besaran pembayaran hak istimewa ini berdasarkan jumlah perangkat iOS milik Apple yang akan menggunakan Google sebagai search Engine utamanya. Walaupun begitu, tampaknya Google akan terus berupaya membayar biaya tersebut agar search engine mereka tetap menjadi pilihan utama untuk search engine di berbagai perangkat besutan dari Apple.

Sumber : Tweaktown