Minggu, 07 Juli 2013

Platform Intel ‘Skylake’ 14nm Akan Dukung DDR4 dan PCIe 4.0

SkylakeRoadmap

Menurut sebuah slide yang berisi roadmap prosesor Intel kelas server, platform ‘Haswell’ yang baru saja beredar belum lama ini akan digantikan dengan
‘Broadwell’, yang akan menjadi prosesor Intel pertama dengan teknologi fabrikasi 14nm, lalu dilanjutkan lagi dengan platform ‘Skylake’, yang juga masih menggunakan teknologi fabrikasi 14nm namun dengan beberapa tambahan fitur baru. Platform Skylake ini sendiri rencananya akan direncanakan untuk dirilis diatas tahun 2015.
Diatas terlihat bahwa Skylake akan mendukung penggunaan DDR4, tambahan set instruksi baru AVX3.2, serta interkoneksi PCIe 4.0. Berbicara mengenai fitur, Broadwell dan Skylake bukanlah platform pertama yang mendukung teknologi DDR4, karena Intel sudah mengatakan bahwa platform ‘Haswell-E’ yang keluar di pertengahan tahun 2014 nanti adalah salah satu platform desktop pertama yang mendapat dukungan DDR4. Fitur yang sama sekali baru di Skylake adalah dukungan PCIe 4.0, dimana ada rumor menyebutkan bahwa standar PCIe 4.0 akan memberi bandwidth kurang lebih 2(dua) kali lebih tinggi dari PCIe 3.0 yang ada sekarang. Melihat bahwa saat ini belum banyak solusi GPU dari AMD maupun NVIDIA yang benar-benar bisa memanfaatkan bandwidth PCIe 3.0, peningkatan performa yang terjadi karena penggunaan PCIe 4.0 masih belum dapat diperkirakan. Namun, masih ada potensi bahwa GPU generasi berikutnya yang memiliki kemampuan GPU Compute lebih powerful, bisa memanfaatkan PCIe 4.0 secara maksimal. We’ll see.