Minggu, 07 Oktober 2012

Lebih 82.000 Pengguna Chrome Menginstall Ad-injector Di Game Bad Piggies Palsu

Game besutan Rovio yang baru saja di luncurkan Bad Piggies sangatlah populer. Sesuai dugaan, para penjahat cyber memanfaatkan popularitas game ini dalam melancarkan aksi jahat mereka.



Para ahli dari Barrcuda Labs telah mengidentifikasi sejumlah plugin licik ter-hosting pada Google Chrome’s web store, yang diiklankan sebagai versi online gratis dari Bad Piggies.

Padahal, selama instalasi, plugin meminta izin untuk mengakses data pada semua situs web. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyuntikkan iklan kebeberapa situs populer, seperti Yahoo!.

Sayangnya, pada tanggal 2 Oktober kemarin, lebih dari 82.000 pengguna telah memasang iklan yang disuntikkan plugin tersebut dari Chrome web store. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan adalah fakta bahwa jumlah download meningkat setiap harinya.

Para ahli menyarankan pengguna untuk selalu berhati-hati ketika menginstal plugin dari Chrome web store. Situs ini mungkin dapat dipercaya, namun beberapa konten berbahaya akan muncul dari waktu ke waktu.

Itulah mengapa selalu disarankan untuk memeriksa izin yang diajukan oleh sebuah aplikasi sebelum bergegas untuk menginstalnya. Jika mintanya terlalu banyak, itu mungkin berbahaya.