Rabu, 21 November 2012

Kepergian Sinofsky Membuka Jalan untuk Kehadiran Start Menu di Windows 8


Kepergian Steven Sinofsky dari Microsoft bisa jadi membawa efek positif bagi sistem operasi baru milik perusahaan tersebut, Windows 8. Menurut informasi yang banyak beredar di dunia maya, kepergian salah satu orang penting dalam proses pengembangan Windows 8 tersebut ternyata bisa jadi malah membuka kembalinya suatu elemen penting dalam keluarga Windows yang terbuang dari Windows 8: Start Menu!
Start Menu, elemen penting dari sistem operasi keluarga Windows, yang menghilang di Windows 8 disebut sebagai salah satu hal yang membuat tingkat penjualan sistem operasi baru tersebut belum bisa mencapai angka yang memuaskan Microsoft. Sebagai langkah untuk memperbaiki penjualan Windows 8, bisa jadi Microsoft akan mulai mendengarkan masukan dari pengguna sistem operasi keluarga Windows dengan menghadirkan kembali Start Menu dan juga beberapa elemen penting lain yang hilang di Windows 8, misalnya tampilan ala Windows Aero. Hal tersebut mungkin saja terjadi mengingat kepala pengembangan Windows 8, sekaligus salah satu orang yang paling bertanggungjawab atas kurang memuaskannya penjualan Windows 8, Sinofsky, telah meninggalkan posisinya.
Sinofsky sendiri banyak disebut sebagai sosok kunci yang menghilangkan Start Menu dari Windows 8. Saat masa pengembangan Windows 8, Sinofsky berhasil membujuk Steve Ballmer, CEO Microsoft, untuk mengganti Start Menu dengan suatu tampilan menu baru yang lebih mengakomodasi kebutuhan penggunaan layar sentuh dan mengusung desain yang mirip dengan Live Tile di Windows Phone. Bujukan Sinofsky tersebut akhirnya melahirkan “Modern UI” atau yang sempat dikenal sebagai “Metro UI” sebagai standar di Windows 8.
Steven Sinofsky
Namun, diluar dugaan Sinofsky dan juga Microsoft, hilangnya Start Menu di Windows 8 ternyata direspon negatif oleh calon pengguna sistem operasi baru tersebut. Dikabarkan, banyak calon pembeli yang batal membeli perangkat dengan Windows 8 karena tidak terbiasa dengan tampilan user interface baru tanpa Start Menu tersebut. Selain itu, tidak sedikit pula pembeli perangkat dengan Windows 8 yang ingin beralih kembali ke versi sistem operasi Windows sebelumnya karena kesulitan mengoperasikan Windows 8. Secara tidak langsung, reaksi negatif terhadap hilangnya Start Menu tersebut ternyata berimbas pada penjualan Windows 8 yang masih jauh dibawah harapan Microsoft.

Sumber