Sabtu, 24 November 2012

Percayakah Anda Kamera Ini Dihargai Hampir 500 Juta ?


Kamera edisi khusus sering kali dianggap sebagai collector item sehingga tak sering barang langka dihargai dengan jumlah yang tak sedikit. Kadang pula sebuah kamera dihargai cukup mahal karena secara dibuat untuk instansi tertentu untuk tujuan tertentu. Kira-kira kamera sepertikah yang membuat orang berani membayar hampir 500 juta untuk memilikinya?
Nilai sebuah kamera tak bisa dihargai hanya sekedar dari fungsi. Tak jarang kamera tertentu memiliki nilai historis tersendiri karena dibuat untuk tujuan tertentu dan untuk instansi tertentu. Jumlah kamera seperti ini pun tak banyak dan apabila kondisi fisik dalam keadaan premium maka dapat dibayangkan bahwa harganya pun bisa cukup tinggi.
Hassleblad MKWE adalah salah satu kamera yang masuk kategori ini. Kamera yang dibuat khusus untuk NASA merupakan salah satu kamera medium format yang pernah dibawa ke luar angkasa. Produk ini hanya diproduksi sebanyak 20 buah di dunia. Salah satu kamera yang dilengkapi lensa CF Biogon T* 38mm f/4.5  dan A24 back  sedang dilelang di ebay dengan harga kurang lebih USD $ 51.300 atau kurang lebih 500 juta Rupiah !! Dan perlu diingat kamera ini masih merupakan kamera analog, jadi masih menggunakan film.
Seperti apakah kamera apa yang dihargai cukup tinggi ini ? Dibawah ini beberapa photonya.
Masih tak percaya bahwa kamera ini dihargai sebesar 500 juta ? Silahkan kunjungi halaman ebay yang sedang menjual kamera ini. Kadang nilai historis dari sebuah kamera bisa membuat kamera dihargai lebih tinggi dari kamera yang memiliki fitur-fitur yang lebih canggih.

Sumber