Sabtu, 24 November 2012

VGA NVIDIA Kepler Tidak Mendukung Sepenuhnya Feature DirectX 11.1?


Seebuah kabar menarik kami dapatkan dari Guru3D.com. Setelah melakukan diskusi dengan sebuah website di Jerman, NVIDIA memberikan konfirmasi bahwa graphics card seri 600 mereka dengan chip GPU Kepler tidak 100% kompatibel dengan feature DirectX 11.1 alias tidak semua API pada DirectX tersebut di dukung. Graphics card Kepler mendukung API DirectX 11.1 tetapi hanya sampai hardware API feature level 11.0, termasuk beberapa feature opsionalnya.
Menurut NVIDIA, graphics card Kepler mereka mendukung feature DirectX 11.1 seperti:
  • Partial constant buffer updates
  • Logic operations in the Output Merger
  • 16bpp rendering
  • UAV-only rendering
  • Partial clears
  • Large constant buffers
Feature DirectX 11.1 di atas berguna bagi developer saat pengembengan game.
Sedangkan feature DirectX 11.1 non-gaming di bawah ini tidak didukung pada hardware API feature level 11_1 di graphics card Kepler:
  • Target-Independent Rasterization (2D rendering only)
  • 16xMSAA Rasterization (2D rendering only)
  • Orthogonal Line Rendering Mode
  • UAV in non-pixel-shader stages
Secara sederhana, graphics card NVIDIA Kepler hanya mendukung feature DirectX 11.1 yang berguna saat menjalankan game. Lalu bagaimana dengan AMD? Ternyata graphics card seri HD 7000 dengan chip GPU Southern Island mendukung penuh feature DirectX 11.1.
Tentu saja hal ini bukanlah masalah besar mengingat kebanyakan penggunaan graphics card Kepler adalah untuk menjalankan game. Tidak hanya itu, setidaknya hingga saat ini belum terdengar game yang mampu memanfaatkan sepenuhnya feature DirectX 11.1

Sumber